BIOS TOSHIBA L310 N4015 HANG/NGADAT/NGGAK MAU BOOTING

Sekitar bulan Mei 2009 aku membeli notebook Toshiba L310 N4015 dengan garansi resmi dari Toshiba selama 1 tahun.

Deskripsi Produk :

  • Teknologi : Intel® Centrino® Duo Technology
  • Processor : Intel® Core ™ 2 Duo T5550 (1.83GHz, 2MB L2 Cache, 667Mhz FSB)
  • Chipset : Intel® 965GM
  • Memorry : 1GB DDR2
  • Harddisk : 250GB SATA
  • Optikdisk : DVD± RW
  • Layar : 14.1 Inch. WXGA
  • Kartu Grafis :Intel GMA X3100 358 MB (shared)
  • Berat : 2.35 Kg
  • Tidak ada : Bluetooth, PC Card Slot, Security
  • Warna : Alumunium Silver
  • Garansi : 1 Tahun Internasional
  • Onboard :10/100 LAN Ethernet, Wireless 802.11b/g WLAN, Modem 56K High Speed, Audio, Webcam 1.3 Megapixel Resolution
  • I/O port : 1xVGA, 3xUSB 2.0 ports, 1xFirewire IEEE-1394, 1 RJ-11, 1 RJ-45, 1 Headphone, 1 microphone-jack

Ketika garansi laptop-ku tinggal dua bulan, salah satu tombol keyboardnya rusak yaitu tombol angka 4, mungkin karena terlalu sering aku gunakan. Tapi karena masih ada garansi (walaupun cuma tersisa 2 bulan) maka aku klaim garansinya. Alhasil laptopku dikirim ke Banjarmasin melalui perantara toko, tempat aku beli laptop. Alhamdulillah walaupun nunggu lumayan lama (kurang lebih 1 bulan – katanya dikirim ke Surabaya) akhirnya laptop datang juga dan keyboardnya diganti dengan yang baru. Aku cuma dikenakan ongkos kirim sebesar 35 ribu rupiah.

Sekitar 4 bulan kemudian aku pakai laptopku kena penyakit lagi yaitu optic dvd-rw mati. Mungkin karena sering kubiarkan cd atau dvd nongkrong dalam drive walau nggak diperlukan (makanya bagi temen2 sebaik kalau tidak diperlukan lagi keluarkan cd atau dvd disk dari drive). Karena optik internal tidak sekuat yang eksternal. Maka kuputuskan untuk beli drive eksternal. It’s Oke.

Dan akhirnya pada bulan Maret 2011 lalu laptop kena penyakit lumayan parah. Yaitu bios nggak mau jalan (hang, ngadat). Apalagi booting…. (sedih mode on >> :-(<<<).

Laptop kuantar ke sebuah toko komputer untuk diservis. Kebetulan pemilik toko cukup akrab dan bersahabat denganku. Setelah satu minggu nginap di tokonya, aku ditelponnya (pemilik toko), katanya dia tidak bisa memperbaiki…. wedew…. kasian dech loe….

aku tanyakan kira-kira masalah/rusak apanya ? Dia bilang hard disc, memory nggak ada masalah. Karena kedua hardware tersebut sudah dia uji coba dengan kompu lain dan berfungsi baik. Begitu juga dengan memory.

Dia memperkirakan ada kerusakan di mainboard, mungkin salah satu chipset mati. Mendengan penuturannya tersebut aku jadi pusiiiiiiing. Terus aku nanya dia : kalau ganti mainboard baru kira-kira berapa harganya ? Katanya sekitar 2 juta-an. WEEEEEEEEEEEEEEEEDEEEEW.

Kalau dijual dengan kondisi baik/normal, laptopku tersebut paling-paling tembus 3,5 juta.

Kuputuskan laptop diboyong aja ke rumah dalam kondisi masih rusak (bios hang/ngadat).

Sekitar satu minggu lebih laptop kubiarkan saja di bawah meja, melihatnya saja aku malas alih-alih mau memperbaikinya.

Pada hari sabtu, 08 April 2011, aku tidak ada kesibukan yang mendesak, maka kucoba utak-atik sendiri laptop tersebut. Tetap tidak mau juga.

Akhirnya aku memberanikan diri untuk membongkar/disasembly sendiri. Bermodal 1 set screwdriver seharga 35 ribu rupiah kupretelilah bagian demi bagian Toshiba L310-ku.

Yang ingin aku lakukan adalah :

  1. melepas/amputasi hard drive (dvd-rw) yang mati terseut; karena aku berpikiran mungkin itulah penyebab bios hang karena mainboard membaca ada harddrive tetapi tidak dapat meload drivernya (orang mati masa disuruh merespon sign dari mainboard) wkwkwkwk……
  2. kalau bios tetap tidak mau jalan/hang/ngadat, maka akan kucoba untuk meresetnya.

Dalam melakukan langkah-langkah deassembling/membongkar/mempreteli laptop ini aku banyak mereview di google. Thank Google !!! you help me so much ^_^.

Salah satu web site yang cukup oke dalam hal bongkar membongkar laptop toshiba aku peroleh di situs : http://www.irisvista.com/tech/ .

Finally….. setelah melewati kurang lebih 4 jam karena sambil googling untuk mereview permasalahan sekitar bios toshiba hang, aku lepas/amputasi dvd-rw hard drive dan aku reset cmos … laptopku mau lagi hidup…

Alhamdulillah…. Thank’s God.

Lucunya dan memang kebiasaan orang yang suka bongkar pasang adalah lupa mengembalikan letak baut-bautnya seperti semula. But it’s oke. My laptop works again. Ada sekitar 5 baut kelebihan baut yang tertinggal/tidak terpasang…….

Klik foto-foto di bawah ini untuk memperbesar tampilannya/open in new tab.


foto-foto di atas merupakan Toshiba L310-ku ketika mengalami pembedahan/operasi besar di bawah dokter spesialis bongkar pasang tanpa pengalaman. Cuma berbekal koneksi internet dan dibantu sekretaris pribadiku Mrs. Google……🙂

About roeyani
South Borneo, nice place to be here, virgin forest, friendly people, dayak community at Meratus mountain, swimming cows, cheap every thing, easy staying in local people's home, secure journey.... so come to my place.....

7 Responses to BIOS TOSHIBA L310 N4015 HANG/NGADAT/NGGAK MAU BOOTING

  1. danil says:

    dmn letak baterai cmos l310…klo ada gambarnya

    • roeyani says:

      wah fotonya lupa di mana naruhnya.. bagian bawah mainboard.. harus dilepas dulu semua baut perekat mainboardnya Pak..

  2. Cxa88 says:

    kalau bisa minta tutorialnya donk.. mazz.. udah 1 minggu aku cari gak ada tutorial untuk bongkar laptop toshiba L310??
    Pliss……

    • roeyani says:

      lepas semua baut di bawah laptop, lepas battery-nya, baut2 di situ juga dilepas, kemudian lepas keyboardnya, ungkit bagian atas keyboard yang berfungsi sebagai penguncinya, angkat perlahan2, lepas pelan2 konektor keyboard namun terlebih dahulu lepas pengunci, perhatikan dengan seksama semua baut2 di bawah keyboard, lepas baut2 tsb, kemudian angkat penutup atas laptop, perhatikan dengan jeli..🙂

  3. elita892 says:

    bagaimana sih cara membongkar laptop toshiba L310??

    • roeyani says:

      googling aja.. sama miss.google🙂

      • roeyani says:

        iya Om.. lumayan buat ngirit2 dikit🙂

Leave a Reply

