Ladang Cabe Rawit Organik : Agrowisata di Paniyungan

image

Siapa yang tak kenal dengan cabe ? Dari anak kecil sampai orang dewasa hampir semuanya kenal dengannya. Bagi anak kecil cabe bisa jadi pengalaman yang tidak mengenakkan akibat rasanya yang pedas di lidah. Namun bagi orang dewasa rasa pedasnya cabe justru menambah nikmat suatu makanan. Kawan-kawan mungkin kenal atau pernah menikmati masakan khas padang yang terkenal rasanya yang pedas atau sambalado-nya. Dan bagi masyarakat Banjar tentu tidak asing dengan sambal acan. Nah cabe menjadi bahan utama untuk membuat pelengkap masakan tersebut.
Kali ini kita jalan-jalan ke perbukitan di antara perbukitan pegunungan meratus untuk melihat para petani cabe rawit memanen buahnya. Lokasinya di Paniyungan sebuah kampung desa Malilingin kecamatan Padang Batung.

image

Seperti inilah tanaman cabe rawit terhampar di lereng bukit Bapaha bersebelahan dengan bukit Racuk. Luas lahan yang mereka tanami mencapai 3 atau 4 hektar.

image

Para petani cabe di tempat ini tidak menggunakan obat-obatan (pestisida, insektisida ataupun fungisida) dalam merawatnya. Inilah nilai plus dari cabe yang mereka panen. Cabe rawit organik mungkin begitulah nama kerennya. Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap keamanan makanan dari aspek kesehatan maka sayur-mayur organik menjadi trend masyarakat sekarang.

image

Menyaksikan dan membantu para petani memetik cabe sembari berbaur dalam canda tawa mereka menambah keakraban serta kehangatan suasana pagi yang cukup dingin setelah diguyur hujan cukup deras.

image

Terima kasih ya atas kunjungannya. Damai negeriku Damai Indonesia-ku. Salam hijau salam lestari.

About roeyani
South Borneo, nice place to be here, virgin forest, friendly people, dayak community at Meratus mountain, swimming cows, cheap every thing, easy staying in local people's home, secure journey.... so come to my place.....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s